TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net

Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Paranet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net
link : Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net

Baca juga


Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net




Mempunyai rumah dengan halaman luas penuh pepohonan tentu idaman banyak orang. Sejauh mata memandang kehijauan di mana-mana. Namun bagaimana yang tinggal di kota? Bisa memiliki rumah tipe 36 dengan luas tanah 70an meter persegi di pinggiran kota saja saja harus mencicil hingga 15 tahun, bagaimana bermimpi punya rumah dengan halaman ratusan hingga ribuan meter persegi? Namun, keterbatasan tersebut ternyata tidak menghalangi keinginan banyak orang untuk bercocok tanam. Saat ini hobi berkebun mulai menjadi trend di kalangan warga perkotaan. Walaupun mereka hanya memiliki halaman sempit dan terbatas, bisa panen sayuran dari kebun sendiri, itu sesuatu sekali.

Berbagai jenis sayuran ditanam memanfaatkan wadah-wadah bekas. Ada kacang panjang, kangkung, bayam, pokcoy, sawi, cabai, tomat dan beberapa jenis tanaman semusim lainnya. Namun, terkadang curah hujan dan terik mentari yang tidak sesuai dan berlebih merubuhkan bibit-bibit sayuran yang mulai bertunas. Tak jarang bayam dan sawi yang awalnya tumbuh subur, mendadak rebah dan akhirnya mati terkena cipratan air hujan. Bibit-bibit ini belum memiliki akar yang kuat dan dalam, sehingga rentan keluar saat tanah di sekelilingnya habis tersapu hujan. Kecewa tentu, setelah berharap upaya membudidayakan sayuran sendiri gagal tercapai.

Untuk mengatasinya, perlu diberi sedikit peneduh sehingga resiko tanaman muda rebah kala menerima air hujan serta sinar matahari berlebih tidak terjadi lagi dan mereka dapat tumbuh dengan sempurna hingga masa panen tiba. Peneduh ini bisa dalam bentuk atap atau pohon tinggi.

Ternyata bukan hanya sinar matahari serta curah hujan berlebih yang menjadi kendala. Gangguan juga dapat berasal dari hewan peliharaan yang ada di sekitar rumah, atau dari hama tanaman itu sendiri. Burung, ayam serta kucing sering menjadi hewan pengganggu, terutama jika halaman rumah tidak mempunyai pagar masih sebagai pembatas.

Ya, perlindungan terhadap tanaman memang harus dibuat semaksimal mungkin. Baik terhadap faktor alam dam berasal dari atas (curah hujan dan sinar matahari), maupun yang berasal dari lingkungan sekitar (hewan peliharaan). Salah satu cara efektif dengan meletakkan tanaman di atas rak dan di bawah atap pelindung. Namun, jika halaman masih cukup luas, berkebun langsung di tanah tentu lebih menyenangkan, sebab tidak semua sayuran bisa tumbuh baik jika ditanam dalam pot ataupun wadah bekas.
Menggunakan paranet, shadingnet atau jaring peneduh adalah solusi paling tepat!


Apakah itu paranet, shadingnet atau jaring peneduh?
Paranet, shadingnet atau jaring peneduh adalah semacam jaring yang awalnya digunakan untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang mengenai tanaman. Tidak semua tanaman menyukai sinar matahari berlebih bahkan akan menyebabkan layu dan mati. Dengan kerapatan yang beragam, paranet, shadingnet atau jaring peneduh dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kerapatan paranet, shadingnet atau jaring peneduh ini menunjukkan persentase sinar matahari yang dapat dihalau agar tidak sampai ke tanaman. Misalnya paranet, shadingnet atau jaring peneduh dengan kerapatan 65%, berarti hanya sebanyak 35% saja sinar matahari yang sampai ke tanaman.

Disamping itu, ternyata paranet, shadingnet atau jaring peneduh juga mempunyai banyak fungsi, antara lain membantu menahan air hujan dan angin. Butiran hujan yang jatuh langsung dari langit memiliki tekanan tinggi, paranet, shadingnet atau jaring peneduh berfungsi untuk memecah butiran hujan tersebut, sehingga tidak langsung terkena tanaman. Demikian pula dengan faktor angin yang terkadang bertiup kencang dan mampu merubuhkan tanaman, paranet, shadingnet atau jaring peneduh berguna untuk mengurangi kecepatan angin mengenai tanaman.

Paranet, shadingnet atau jaring peneduh juga berfungsi untuk mengontrol temperatur serta ventilasi udara. Sirkulasi udara yang tepat dan baik, tentu sangat membantu pertumbuhan tanaman dengan sempurna.

Terakhir, paranet, shadingnet atau jaring peneduh yang dipasang sebagai pagar di sekeliling lahan, dapat melindungi tanaman dari serangan hewan peliharaan ataupun hewan pengganggu di sekitar, semisal ayam, kucing, bekicot ataupun tikus yang berkeliaran.

Itulah beberapa manfaat paranet, shadingnet atau jaring peneduh khususnya bagi para penggemar berkebun namun memiliki lahan terbatas. Semoga dengan informasi ini, dapat menambah semangat bercocok tanam dan menghasilkan sayuran dari kebun sendiri.





Demikianlah Artikel Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net

Sekianlah artikel Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net dengan alamat link https://agrobisku99.blogspot.com/2017/08/berkebun-di-lahan-terbatas-dengan.html

0 Response to "Berkebun Di Lahan Terbatas Dengan Menggunakan Paranet / Shade Net"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian